The Blog

post1

ELT (ENGLISH LANGUAGE TEST) Sebagai Pengganti EPrT (ENGLISH FOR PROFICIENCY TEST) DI ITPLN

Di setiap institut/universitas pasti ada syarat yang wajib dipenuhi oleh mahasiswa agar dapat mengikuti sidang akhir untuk lulus. Di ITPLN sendiri, salah satu syarat untuk melanjutkan ke tahap sidang skripsi adalah dengan memiliki sertifikat MOS, ELT, dan MTA. Dalam hal ini, per Desember 2021 lalu, ITPLN menetapkan sertifikat ELT sebagai syarat wajib untuk mengikut sidang skripsi. Sertifikat ELT sendiri merupakan alternatif dari sertifikat EPrT atau TOEFL-ITP. Jadi, apabila mahasiswa telah memiliki salah satu dari sertifikat tersebut (yang masih berlaku), tidak perlu lagi mengikuti ELT.

Apa itu ELT-EQUAL? English Language Test – English Qualification for Academic Literary adalah ujian bahasa Inggris yang diperuntukkan pada mahasiswa tingkat akhir sebagai syarat untuk dapat mengikuti sidang skripsi. ELT diadakan oleh Language Development Center ITPLN.

Pelaksanaan ELT TA. 2021/2022 gelombang satu sudah terlaksana pada bulan Desember 2021 yang diikuti oleh 501 peserta dari semua program studi ITPLN. Berdasarkan hasil kuesioner yang dibagikan setelah ujian tingkat kepuasan peserta mencapai 4,46 (Skala 5). Untuk gelombang keduanya dilaksanakan pada bulan Juni 2022.

Untuk mengikuti ELT, peserta wajib lulus dan memiliki sertifikat BEES (Basic English Education Standardization) dan melakukan pendaftaran di website ELT (https://ldc.itpln.ac.id/elt/). Proses tersebut dapat dilakukan selama periode pendaftaran dibuka dan mahasiswa dapat memilih jadwal ujian yang tersedia. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai periode pendaftaran, technical meeting, dan jadwal pelaksanaan, mahasiswa dapat mengunjungi laman Instagram resmi LDC (https://www.instagram.com/ldc.itpln/).

Smart-proctoring System

Tes ini dilaksanakan secara online melalui laman yang dibuat khusus untuk pelaksanaan ELT dan sudah dilengkapi dengan smart-proctoring system. Sistem proctoring juga dilakukan oleh asisten LDC yang sudah berpengalaman dalam melakukan Test Proctoring sesuai dengan sistem yang berlaku.

Tes terdiri dari 140 soal yang terbagi menjadi 3 jenis soal, yaitu listening comprehension, structure and written expression, dan reading comprehension. LDC menyediakan lebih dari 10 tipe soal yang diujikan pada ELT dimana isi dari setiap tipe soal berbeda-beda. Terdapat Smart Testing System pada tes ini yang berisi pengacakan nomor soal walaupun tes dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Sistem penilaian yang digunakan dalam ELT menyesuaikan dengan Level TOEFL-ITP dan Common European Framework of Reference (CEFR) sehingga sertifikat hasil tes dapat digunakan sebagai standar keterampilan dan pengetahuan bahasa Inggris untuk berbagai bidang pekerjaan.