The Blog

post1

Kerjasama Institut Teknologi Pln Dengan PLTI (Pusat Layanan Tes Indonesia)

PT Pusat Layanan Tes Indonesia (PT PLTI) adalah lembaga penyelenggara tes akademik yang ada sejak 2013. PLTI didirikan oleh Perkumpulan Pendirikan Bahasa Inggris di Indonesia atau The Association for the Teaching of English as a Foreign Language in Indonesia (TEFLIN) dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

PT PLTI berpusat di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sampai saat ini terdapat 92 lokasi tes yang tersebar di seluruh Indonesia, dan ITPLN menjadi lokasi tes PLTI yang pertama dan untuk wilayah Jakarta Barat dan sekitarnya.

Layanan tes di PLTI terdiri dari Test of English Proficiency (TOEP) dan Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA). TOEP adalah tes kemahiran berbahasa Inggris dan TPDA merupakan tes kemampuan akademik untuk mengukur kemampuan kognitif individu. Kedua layanan tes tersebut dapat digunakan untuk berbagai macam persyaratan karena sertifikasi oleh PLTI ini sudah sesuai dengan standar nasional.

PLTI memberikan manfaat/benefit bagi dosen karena PLTI telah dipercaya oleh DIKTI dalam menyelenggarakan kedua jenis tes yang diperlukan dan mengeluarkan sertifikat resmi untuk syarat sertifikasi dosen (serdos, persyaratan beasiswa LPDP, dan persyaratan melanjutkan S3 di berbagai universitas di Indonesia).

Persiapan untuk kerjasama ini dimulai pada Agustus 2020, dimana Language Development Center ITPLN mengajukan kerjasama dengan PLTI. Prosesnya berlangsung hingga visitasi daring pada 19 Oktober 2021 dan dilanjutkan ke tahap ujicoba tes PLTI secara daring dengan remote proctoring dan application pada 11 November 2021. Dengan hasil yang cukup memuaskan, pada 25 Maret 2022, dilakukan penandatanganan MoU dan PKS antara ITPLN dan PLTI.

Remote Proctoring dan Application

Kerja sama tentunya memiliki standar minimum yang harus dipenuhi oleh pihak bersangkutan, PLTI menetapkan 4 aspek yaitu akreditasi BAN-PT, kapasitas ruang ujian, spesifikasi komputer, dan server. Dalam hal ini ITPLN mampu memenuhi bahkan melebihi standar di beberapa aspek yang ditetapkan oleh PLTI.

Kerja sama ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang untuk meningkatkan benefit bagi kedua belah pihak.